Home - Ngalam Saiki - Akibat Kecaman Masyarakat, Cat Di Pohon Dihapus
Pemkot Malang mengecat pohon beringin agar tidak angker (Liputan6.com)

Akibat Kecaman Masyarakat, Cat Di Pohon Dihapus

MALANG, Malangmbiyen.com – Akibat kecaman dari masyarakat terhadap pengecatan pohon beringin di Alun-Alun Malang, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Malang akhirnya menghapus cat di pohon-pohon tersebut. Petugas kebersihan kemudian menghapusnya dengan menggunakan mesin gerinda.

“Lama gak main kesini, lha kok ada pohon beringin dicat. Nggak indah sama sekali kalau menurut saya. Tidak ada unsur seni-nya,” ujar Kalis kepada Surya yang ditemui di Alun-Alun Merdeka, Jumat (20/11).

Seperti dikutip Surya, selain tidak memiliki rasa estetika, lanjut Kalis, pengecatan pohon juga akan mengganggu kehidupan pepohonan, sebab cat merupakan bahan sintetis. Dengan begitu, bisa saja perjalanan air mulai dari akar sampai ke daun.

“Mungkin dalam jangka pendek tidak terasa, namun siapa tahu jangka panjangnya,” imbuhnya.

Tidak hanya Kalis yang keberatan dengan kondisi Pohon Beringin tersebut. Netizen juga memprotes keputusan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Kota Malang tersebut.

Protes ini membuat DKP membatalkan rencana tersebut, dan pohon yang sudah dicat dikembalikan seperti semula.

Pada berita sebelumnya, (baca : Pohon 180 Tahun Di Cat, DKP Dikecam Unsur Masyarakat), berbagai elemen masyarakat mengecam keras tindakan dari DKP ini terhadap pohon berusia 180 tahun ini. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur bahkan menyatakan bahwa ini merupakan pelanggaran yang bisa dikenakan pidana. (mza)

Sumber : Surya

Check Also

Seratus Meter Penuh Makna

GEREJA Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel berdiri dengan megahnya di tepat pertigaan jalan merdeka Malang. …