Home - Ngalam Saiki - Komentar Tokoh atas Penganugerahan Mas Isman Sebagai Pahlawan Nasional
Hayono Isman (paling kanan), ahli waris dari Mas Isman saat berfoto bersama keempat ahli waris para tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis (5/11) lalu. (beritasatu.com)

Komentar Tokoh atas Penganugerahan Mas Isman Sebagai Pahlawan Nasional

MALANG, malangmbiyen.com – Presiden Joko Widodo telah resmi mengukuhkan Mas Isman sebagai Pahlawan Nasional lewat Keputusan Presiden (Kepres) No. 116/TK/Tahun 2015 yang ditandatanganinya, Rabu (4/11) lalu.

Mas Isman adalah tokoh Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Monumen dan Taman Makam Pahlawan TRIP yang terletak di Jl. Pahlawan TRIP, sebelah utara Museum Brawijaya Malang merupakan bukti pengabdianya bagi Bangsa Indonesia lewat perjuangannya di Kota Malang. Selain itu Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) yang salah satu kantornya terletak di Jalan Pandan No. 5, Kota Malang adalah bukti lain perhatian Mas Isman di bidang ekonomi bangsa.

Beberapa tokoh Kota Malang memberikan tanggapan atas dikukuhkannya Mas Isman sebagai Pahlawan Nasional, salah satunya datang dari mantan bupati Malang, Rendra Kresna.

“Saya sampaikan selamat, Mas Isman memang pantas dan layak menjadi pahlawan nasional,” ujarnya saat ditemui MalangMbiyen.com di Kantor Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Malang, Senin (09/11).

Menurutnya, adanya Monumen TRIP Malang merupakan bukti nyata perjuangan Mas Isman bagi Bangsa Indonesia.

“Berdirinya Kosgoro juga merupakan hasil perjuangannya,” tambahnya.

Tanggapan juga datang dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam dan Mantan Walikota Malang ke – 16, Penny Suparto saat menghadiri acara Tasyakuran dianugerahkannya Mas Isman sebagai Pahlawan Nasional, Selasa (10/11) lalu.

Ridwan Hisjam mengatakan, semangat Tri Dharma yang digelorakan Mas Isman lewat Organisasi Kosgoro yakni Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas bisa dijadikan pegangan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“Apa yang baik dari Mas Isman ini bisa kita contoh untuk menjadikan negara lebih baik, kita sebagai warga negara dituntut untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujarnya di lokasi acara, Kantor RH Center, Perumahan Permata Jingga, Kota Malang.

Di tempat dan waktu yang sama, Peny Suparto menuturkan, jika nilai-nilai persatuan yang diletakan Mas Isman untuk dijadikkn dasar pergerakan Kosgoro patut dijadikan panutan masyarakat saat ini.

“Tekad dari hati untuk mengabdi kepada rakyat dengan solidaritas itu luar biasa, harus terpatri dalam kehidupan berbangsa,” pungkasnya. (bsa/mza)

Check Also

Mas Isman, Pahlawan Nasional dari Kota Malang

Presiden Jokowi secara resmi mengukuhkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dianggap telah berhasil …