Home - Unik - Sanan, Sentra Keripik Tempe Khas Malang
Kripik tempe dalam proses pengemasan. (Fany/MalangMbiyen)

Sanan, Sentra Keripik Tempe Khas Malang

Penggemar keripik tempe dimana pun berada, pasti pernah mendengar kata “Sanan”. Dengan berbagai varian rasa, keripik tempe di Sanan sudah diproduksi dan didistribusikan ke seluruh Indonesia baik itu dibeli di toko yang ada di luar kota maupun dibawakan saudara atau teman yang berkunjung ke Malang sebagai oleh-oleh.

Fany Puspita, MalangMbiyen.com

Terkenal sebagai kota penghasil keripik tempe yang khas, Malang mempunyai daerah industri khusus dengan tempe sebagai komoditas utama, kawasan ini terletak di daerah yang bernama Sanan. Memasuki daerah kelurahan Purwantoro kecamatan Belimbing ini, industri tempe dikembangkan sebagai keripik oleh hampir 80 persen warganya.

SENTRA INDUSTRI: Deretan Rumah Warga yang mempunyai usaha keripik tempe (Fany/MalangMbiyen)
SENTRA INDUSTRI: Deretan Rumah Warga yang mempunyai usaha keripik tempe (Fany/MalangMbiyen)

Tempe tidak hanya menjadi lauk namun juga produk ekonomis yang bernilai cukup tinggi karena dijual dengan harga yang kompetitif. Tidak hanya diolah dan dikemas oleh warga Sanan, di daerah ini pembuatan, pemotongan atau pengirisan sampai pemasar keripik tempe. Produksi keripik tempe dilakukan setiap hari disesuaikan dengan jam atau aturan dari masing-masing rumah produksi.

GANG MASUK: Pintu gerbang masuk ke sentra industri tempe Sanan. (Fany/MalangMbiyen)
GANG MASUK: Pintu gerbang masuk ke sentra industri tempe Sanan. (Fany/MalangMbiyen)

Untuk menuju Sanan, jalan yang ditempuh sangatlah mudah, anda bisa membawa kendaraan pribadi maupn menaiki angkutan umum. Terletak persis di pinggir jalan, industri keripik tempe Sanan mudah dijangkau. Anda bisa langsung memilih keripik tempe rasa apa yang ingin dibeli di toko yang ada maupun langsung beli dari produsen keripik tempe yang ada di dalam kampung.

Produksi keripik tempe “Putra Jaya”. (Fany/MalangMbiyen)
Produksi keripik tempe “Putra Jaya”. (Fany/MalangMbiyen)
Suasana dapur pembuatan kripik tempe. (Fany/MalangMbiyen)
Suasana dapur pembuatan kripik tempe. (Fany/MalangMbiyen)

Hasil produksi keripik tempe Sanan sangatlah tinggi dengan berbagai macam varian rasa. Keripik tempe yang dihasilkan di daerah ini tidak hanya untuk satu merk saja, namun ada puluhan merek yang dijajakan oleh rumah-rumah produksi yang ada di Sanan. Profesi yang berkaitan dengan produksi keripik tempe dari hulu ke hilir dapat ditemukan dengan mudah di Sanan, seperti pekerja pemotong atau pengiris keripik tempe. Kualitas keripik tempe ditentukan dari seberapa tipis tempe yang harus digoreng dan dilapisi tepung, maka dari itu keberadaan profesi pemotong tempe sangatlah penting. Keberadaan keripik tempe sebagai makanan khas kota Malang. (fpr/mza)

Check Also

Masih Bertahan, Kantor Perbendaharaan Negara

UMAK sering uklam-uklam nag alun-alun? Mungkin objek yang sering ditemui ialah Masjid Jami’ atau gereja, bahkan …