Home - Unik - Seratus Meter Penuh Makna

Seratus Meter Penuh Makna

GEREJA Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel berdiri dengan megahnya di tepat pertigaan jalan merdeka Malang. Gereja yang dibangun pada tahun 1800-an ini merupakan salah satu gereja yang cukup ikonik dan legendaris bagi warga kota Malang. Rutin mengadakan kegiatan misa dan kebaktian, GPIB Immanuel adalah tempat berdoa bagi ratusan umat Nasrani yang ada di Malang.

Seratus meter setelah bangunan GPIB Immanuel terdapat Masjid Agung Jami’ yang berdiri tak kalah megah dengan nuansa hijau yang menyejukkan. Masjid dengan kapasitas lebih dari tiga ribu jemaah ini selalu dipadati dengan jemaah dari berbagai wilayah dan tak jarang menjadi destinasi wisata bagi warga luar Kota Malang. Keberadaan GPIB Immanuel dan Masjid Agung Jami’ yang tidak jauh otomatis membuat interaksi antar jemaahnya juga sering terjadi meskipun hanya sekedar saling sapa di area parkiran yang berada di sekitar Alun-alun Kota Malang. Tidak ada ketegangan dan kesenjangan yang dirasakan di area ini.

Dibalik gaya arsitektur dan tata letak gereja serta masjid ini menyimpan cerita yang mempererat toleransi yang ada diantara warga Malang. Pagi itu misa pagi harusnya diadakan di GPIB Immanuel dan Gereja Kayu Tangan yang ada di sebelah utara Masjid Agung Jami’, namun karena jumlah jemaat masjid membludak hingga mencapai 20 ribu jemaah, maka dengan terpaksa sholat Ied diadakan di halaman gereja GPIB Immanuel dan Gereja Kayu Tangan yang ada di seberang jalan Basuki Rahmat. Misa pagi yang harusnya diadakan oleh dua gereja itu ditunda hingga siang hari.

Indahnya toleransi yang terjadi antar jemaah masjid dan gereja saat sholat Ied ini menggambarkan tingginya rasa kekeluargaan yang dimiliki. Sebuah permintaan maaf tulus diucapkan ketua takmir masjid sebelum pelaksanaan sholat dan setelah pelaksanaan sholat melalui facebook yang mendapat ribuat simpati netizen. (fpr)

Check Also

Masih Bertahan, Kantor Perbendaharaan Negara

UMAK sering uklam-uklam nag alun-alun? Mungkin objek yang sering ditemui ialah Masjid Jami’ atau gereja, bahkan …